Tuesday, March 5, 2019

12 Jenis Makanan Sehat Penurun Kolesterol Jahat


Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang beberapa jenis makanan yang mampu menurunkan kolesterol tinggi, dan Anda pun bisa menerapkannya dalam menu keseharian Anda. Selain bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol buruk, beberapa jenis makanan dibawah ini juga mudah didapatkan oleh Anda.. Mari kita simak mengenai beberapa makanan tersebut...


1. Lemon – penderita kolesterol tinggi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi lemon. Sebab buah ini selain terbebas dari kolesterol, sodium dan lemak. Namun didalamnya tersimpan banyak pula kandungan seperti vitamin C dan Liminoid. Senyawa yang sudah terbukti dapat mengurangi produksi apo B (zat yang memicu meningkatnya kadar kolesterol darah). Selain itu, masih ada pula kandungan antioksidan yang berkontribusi dalam mengurangi oksidasi LDL, yakni flavonoid. Dengan seringnya memakan buah lemon, baik itu dimakan secara langsung / dijus, maka tubuh akan terhindar dari resiko terserang oleh penyakit jantung dan stroke.

2. Alpukat – ini juga sangat dianjurkan dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi, karena alpukat ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik secara berbarengan.

3. Aneka jenis buah lain – seperti apel, jeruk, buah delima, juga sangat baik dikonsumsi oleh pengidap kolesterol tinggi, karna semua jenis buahan itu juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Tomat – merupakan jenis sayuran yang diperkaya akkan kandungan likopen, yang mampu menurunan kadar kolesterol jahat (LDL).

5. Buncis – pengidap kolesterol tinggi juga disarankan untuk mengkonsumsi jenis sayuran ini, hal ini dikarenakan buncis yang diperkaya sumber karbohidrat yang mempunyai resistensi pada insulin. Sehingga jenis sayuran ini juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

6. Bayam – jenis sayuran ini juga ternyata mampu menurunkan kelebihan kadar kolesterol darah. Hal ini dikarenakan zat lutein yang terdapat didalamnya, yang berguna untuk kesehatan dan ketajaman fungsi mata. Sayuran bayam ini juga berfungsi untuk melindungi jantung dari berbagai kerusakan dengan mencegah lemak melekat dipembuluh darah. Sebab, kolesterol bisa mengakibatkan penyakit jantung. Dan untuk itu, para penderita kolesterol tinggi dianjurkan sekali untuk mengkonsumsi sayuran bayam setiap hari. 

7. Kayu manis – dengan mengkonsumsi paling tidak 2 sendok kayu manis setiap hari, maka akan dapat menurunkan kadar trigliserida dan LDL (kolesterol jahat).

8. Seledri – dibagian tanaman seledri ini terdapat kandungan antioksidan yang tinggi, yang mampu membantu Anda menurunkan resiko dari terkena serangan penyakit jantung dengan mencegah oksidasi LDL /kolesterol jahat. Untuk mengkonsumsinya bisa Anda campurkan dengan sup, tumisan atau jenis sayuran lain.

9. Bawang putih – para studi mengatakan bahwa mengkonsumsi kurang dari setengah siung bawang putih mentah perhari, bisa menurunkan kolesterol  9 s/d 12%. 

10. Biji ketumbar – air rebusan dari biji ketumbar mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Untuk mengkonsumsinya Anda dapat merebus 2 sendok biji ketumbar dengan 1 gelas air, setelah itu saring air rebusan dan dinginkan didalam kulkas/lemari es. Dan minum paling tidak 2 kali perhari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

11. Beras merah & gandum – merupakan jenis sereal yang mengandung banyak serat. Kandungan serat yang berada didalamnya itu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

12. Ikan – jenis ikan seperti salmon, tuna, sarden dan makanan sejenisnya yang mengandung omega-3 ini juga disarankan bagi penderita kolesterol  tinggi. Karena, dengan mengkonsumsi ikan dan jenis makanan lain yang mengandung omega-3 tinggi sudah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Demikianlah info yang bisa saya berikan mengenai jenis makanan sehat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.. Semoga bermanfaat yahh bagi kalian semua yang membacanya..

Info menarik lainnya : Obat Herbal Kolesterol Paling Ampuh

No comments:

Post a Comment